Loading...

e- Paper Tabloid Sinar Tani - Strategi Pengendalian Wereng Cokelat

11:22 WIB | Wednesday, 28-March-2018 | Sorotan | Penulis : Pimpinan Redaksi

e- Paper Tabloid Sinar Tani - Strategi Pengendalian  Wereng Cokelat

 

Sebagai hama “global”, wereng cokelat masih jadi musuh bebuyutan petani padi. Mampu menyebar dengan cepat ke habitat baru, hama laten ini mengancam pertanaman padi di banyak negara dan sulit diberantas tuntas. Dibutuhkan satu strategi terprogram untuk dapat menekan populasinya.

 

Pakar pengendalian wereng, Prof. Dr. Baehaki Suher­lan mengemukakan, pe­ngen­­­­dalian hama termasuk wereng cokelat idealnya ada di tingkat petani. Namun fakta me­­nunjukkan tak bisa lagi me­nye­rahkan sepenuhnya upaya penanggulangan serangan hama tanaman hanya kepada petani karena berbagai faktor.

Penggunaan insektisida sebagai “senjata pamungkas” oleh petani terkadang tidak efektif karena kesalahan dalam memilih jenis insektisida, waktu pengaplikasian dan kesalahan dosis yang justru berbuntut pada terbunuhnya musuh alami wereng cokelat. 

Penggunaan Insektisida jenis ter­tentu bahkan dilaporkan bisa mendorong wereng cokelat ber­kem­bang biak dengan pesat sehingga malah mengakibatkan tanam­an mengalami kerusakan berat sampai puso. 

“Insektisida demikian disebut induce resurgen. Beberapa bahan aktif yang dilaporkan mendorong resurgen terhadap wereng cokelat seperti abemektin dan sipermetrin oleh pemerintah telah dilarang digunakan untuk tanaman padi. Tapi masih juga ada formulator yang menggunakan untuk tanam­an padi,” kata Baehaki di acara Seminar Pengendalian Wereng dan Sosialisasi Stargate 600 SC yang diselenggarakan PT Bina Guna Kimia (FMC), di Karawang, baru-baru ini.

Memperhatikan fenomena ter­­sebut maka menurut Baehaki, semua lini harus berpartisipasi me­wujudkan pengendalian, baik saat hama menyerang maupun saat sudah menjadi wabah. Distri­butor pestisida, pedagang di kios pertanian, penyuluh ber­sama aparat pemerintah yang ber­wenang harus terus mem­berikan arahan kepada petani bagai­mana me­lakukan langkah-langkah pengen­dalian yang tepat.

 

Triangle Strategies

 

Di samping langkah pengen­dalian, petani juga perlu diajarkan untuk bisa melaksanakan upaya pencegahan serangan sejak dini antara lain dengan menghindari menanam varietas padi yang rentan wereng cokelat, menghindari penggunaan pupuk berlebihan dan insektisida yang dinyatakan resurgen serta menggunakan lam­pu perangkap sebagai sara­na peramalan hama untuk dapat menentukan kapan saat pengendalian, mulai menyemai dan mulai melakukan penanaman.

Baehaki menekankan, guna dapat mereduksi keberadaan wereng cokelat di Indonesia stra­tegi yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan pendekatan teknologi, sosiologi serta penguat­an kebijakan pemerintah (triangle strategies).

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Editor : Pimpinan Redaksi

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162