Loading...

Permintaan Bibit Belgian Blue Membludak

17:13 WIB | Sunday, 11-March-2018 | Ternak, Komoditi | Penulis : Gesha

 

 

Ekspose keunggulan sapi jenis Belgian Blue (BB) mampu menarik minat kalangan dinas maupun peternak di daerah. Namun, mereka harus sabar menunggu hingga tahun 2021 agar bisa terealisasi dalam bentuk straw semen beku untuk Inseminasi Buatan (IB). 

 

 

 

Kepala Balai Embrio Ternak (BET) Cipelang, Oloan Parlindungan mengakui, pihaknya sudah banyak menerima permohonan permintaan untuk bisa mengembangbiakan Belgian Blue di daerah. Misalnya, dari Pemda Sulawesi Tengah, Jawa Timur, Sumatera Barat dan lain sebagainya. 

 

Sayangnya, mengacu kepada Peraturan Pemerintah Nomor 48 tahun 2011 tentang Sumberdaya Genetik Hewan dan Perbibitan Ternak, tiap rumpun baru (ras baru) yang masuk ke Indonesia perlu mendapatkan rekomendasi dari Komisi Bibit Ternak. Karena pengembangan BB harus dilakukan dalam kondisi tertutup (close breeding) dan belum melibatkan masyarakat peternak.

 

"Jadi sebelum sapi jenis Belgian Blue ini bisa dilepas ke peternak, kami bersama pakar dari akademisi dan Puslitbang Peternakan harus melakukan pengkajian,” katanya.

 

Pada tahap awal, lokasi pengembangan BB masih berada di UPT Kementerian Pertanian. Yakni, BBPTU-HPT Baturraden (250 ekor), BET Cipelang (179 ekor), BPTU HPT Padang Mangatas (185 ekor), BPTU HPT Sembawa (237 ekor), BBPP Batu Malang (30 ekor), STPP Malang (17 ekor), BBPPKH Cinagara (14 ekor), STPP Bogor (7ekor), STPP Magelang (25 ekor), Loka Penelitian Sapi Potong Grati (23 ekor) hingga Balitnak Ciawi (44 ekor).

 

Oloan berharap, sapi-sapi ini akan lahir pada akhir 2018. Dengan demikina, pada tahun 2020 sapi sudah berusia 2 tahun dan sudah layak untuk diproduksi (semen beku) dan disebarkan.

 

Oloan mengatakan, tahap pengkajian tersebut dari kajian reproduksi, carving interval, performance anakan (pertambahan tubuh dan bobot), uji pakan, uji reproduksi dewasa kelamin dan dewasa telur, pemberian diet pakan (khusus untuk indukan hasil TE) hingga uji pada kualitas daging. Kajian ini perlu dilakukan agar potensi dan performa sapi BB tepat sebelum dikembangkan di masyarakat. Gsh

 

Editor : Yulianto

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162