Loading...

PENYULUH PERTANIAN DI ZAMAN NOW

17:55 WIB | Thursday, 15-February-2018 | Tips & Santai | Penulis : Kontributor

x

 

Oleh : Hasan Latuconsina, SP.,MSi

 

Kasubid Program dan Kerjasama, Pusat Penyuluhan Pertanian, BPPSDMP

 

 

 

Dunia pertanian pada zaman sekarang bergantung pada teknologi informasi,  dalam bentuk apapun. Penggunaan teknologi aplikasi digital dalam pengembangan sektor pertanian pada zaman now akan membantu petani memperoleh informasi yang berkaitan dengan dunia pertanian.

 

 

 

Informasi dan pengetahuan tentang pertanian tersebut bisa menjadi pemicu dalam menciptakan peluang untuk pembangunan pertanian dan ekonomi sehingga terjadi pengurangan angka kemiskinan. Teknologi informasi dan komunikasi membantu memberikan informasi yang relevan dan tepat waktu sehingga memudahkan petani untuk mengambil keputusan dalam sebuah peluang dan menghasilkan produk yang maksimal. 

 

 

 

Sebagai garda terdepan pembangunan pertanian, peran Penyuluh Pertanian memang sangat penting. Penyuluh Pertanian harus memiliki kompetensi yang mumpuni agar tidak kalah dengan petani bahkan Penyuluh Pertanian harus mampu menguasai informasi dan teknologi yang semakin hari terus mengalami perubahan. Penyuluh Pertanian merupakan agen perubahan dalam mentransfer teknologi dan pengetahuan ke petani. “Kompetensi Penyuluh Pertanian menjadi taruhan di era digital/zaman now bahkan penyuluh akan menjadi spesialis dalam satu bidang. Peran Penyuluh Pertanian diharapkan dapat memandirikan petani dan mampu membangun petani menjadi ahli di bidang pertanian.

 

 

 

Sektor pertanian menjadi bagian terpenting dalam perekonomian pedesaan Indonesia. Pedesaan masih menjadi sumber penghasil komoditas pertanian saat ini. Kualitas hasil pertanian dari pedesaan dituntut selalu meningkat dan dalam jumlah yang mencukupi. Dalam rangka meningkatkan produksi pertanian ini harus banyak yang dibenahi dan salah satu hal pentingnya adalah kualitas sumber daya manusia, karena jika dilihat masalah utama petani di pedesaan adalah rendahnya pengetahuan dan kreativitas dari petani agar pembangunan pertanian terus berkembang.

 

 

 

Peran Penyuluh Pertanian sangat menentukan keberhasilan pembangunan pertanian. Peran Penyuluh Pertanian dapat dikatakan sebagai garda terdepan untuk meningkatkan kualitas petani saat ini. Penyuluh Pertanian berperan sebagai perantara dan penghubung informasi untuk petani maupun dari petani. Penyuluh Pertanian menyampaikan informasi dari balai pengkajian maupun peneliti ke petani dan menyampaikan aspirasi dari petani ke pembuat kebijakan. Karena di sini Penyuluh Pertanian langsung terjun ke petani dan masyarakat sehingga akan lebih mengetahui kondisi di lapangan yang sebenarnya.

 

 

 

Penyuluh Pertanian adalah orang yang bertugas dalam memberikan dorongan kepada petani agar mampu mengubah cara berpikir, cara kerja, dan cara hidup yang lebih sesuai dengan perkembangan, baik pengetahuan budidaya maupun teknologi.  Penyuluh Pertanian berperan sebagai pendidik, dalam arti memberikan pengetahuan terbaru dalam budidaya tanaman agar petani lebih terarah dan meningkatkan hasil serta mengatasi masalah dalam usahataninya. Penyuluh Pertanian juga berperan sebagai pemimpin untuk dapat memotivasi petani agar mau mengubah pola pikir untuk dapat lebih terbuka terhadap perkembangan zaman. Penyuluh Pertanian juga berperan sebagai penasihat yang dapat memberikan petunjuk dan contoh dalam usahatani. Dengan demikian akan tercipta petani yang mampu mendorong pembangunan pertanian untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.

 

 

 

Editor : Pimpinan Redaksi

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162