Loading...

Menyulap si Pedas Jadi Permen

17:10 WIB | Monday, 26-February-2018 | Tips & Santai, Non Komoditi | Penulis : Kontributor

 

 

Cabai kini bukan hanya dikonsumsi dalam bentuk segar. Berbagai produk olahan bisa dinikmati konsumen. Baik produk olahan menjadi cabai bubuk, pasta, saus, manisan dan acar cabai.

 

Dalam dunia industri farmasi, cabai merupakan salah satu bahan campuran untuk pembuatan balsem, inhaler, dan permen pengganti rokok. Namun dengan teknologi pengolahan, ternyata cabai bisa disulap menjadi permen.

 

Jika selama ini kita lebih merasakan rasa pedas permen berasal dari jahe, tapi kini cabai pun bisa memberikan sensasi tersendir pada penikmat permen pedas. Permen cabai memang masih terdengar awam di telinga masyarakat.

 

Permen cabai memiliki rasa manis dan pedas, serta empuk digigit. Sensasi pedas yang dimilikinya membuat permen ini sangat cocok untuk mengatasi kantuk dalam perjalanan atau saat harus lembur mengerjakan tugas hingga larut malam.

 

Tips Membuatnya

 

Membuat permen cabai ternyata tidak sulit. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 150 gram cabai merah besar, 150 gram cabai keriting, 250 ml air matang, 250 gram gula pasir, 3-5 gram asam sitrat, 2,5-5 gram garam, 15 gram karagenan/25 gram gelatin, 1 bungkus agar-agar powder plan, 1 bungkus vanili bubuk, 0,25 gram k-sorbat, dan 50 gram gula halus.

 

Bagaimana caranya:

 

1. Buat bubur cabai dengan cara membuang tangkai cabai. Lalu cuci dengan air mengalir. Potong, lalu kukus selama 20 menit. Setelah itu, haluskan dengan blender dan tambahkan air 150 ml air matang. Saring sehingga diperoleh bubur cabai yang halus.

 

2. Campurkan gula pasir, karagenan, dan agar-agar powder lalu aduk hingga rata. Masukkan ke dalam bubur cabai yang telah halus, lalu aduk-aduk sampai semunya tercampur rata.

 

3. Masak dan tambahkan garam, vanili, asam sitrat, dan K-sorbat sambil terus diaduk hingga mendidih. Tuang ke dalam cetakan persegi yang dialasi dengan plastik. Dinginkan dengan cara diangin-angin. Lalu setalah dingin, masukkan ke dalam kulkas semalaman.

 

4. Keesokan harinya potong-potong dadu adonan dan keringkan pada suhu 50 derajat celcius selama beberapa jam sambil dibolak-balik. Setelah kering, taburi dengan gula halus. Kemas permen cabai dalam toples plastik atau botol selai plastik dan beri silica gel agar permen cabai tidak berbau apek. Permen cabai siap dicoba. Sunarmani (Peneliti BB Litbang Pascapanen Pertanian)/Cla

 

Editor : Yulianto

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162