Loading...

Menikmati Eksotiknya Kopi Indonesia

12:23 WIB | Thursday, 07-August-2014 | Kebun, Komoditi | Penulis : Julianto

Ingin merasakan nikmatnya kopi? Tidak perlu jauh-jauh mengeluarkan ongkos besar untuk pergi ke luar negeri. Justru Indonesia lah negeri yang kaya akan cita rasa kopi. Dari Sabang sampai Merauke ada berbagai jenis kopi yang khas dan eksotik.

 

Di Indonesia, kopi merupakan tanaman yang sudah lama dibudidayakan. Selain sebagai sumber penghasilan rakyat, kopi juga menjadi komoditas andalan ekspor dan sumber devisa negara.

 

Kopi menjadi salah satu minuman paling populer di dunia. Di samping rasa dan aromanya yang menarik, kopi juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu dan berbagai penyakit jantung (kardiovaskuler).

 

Di dunia ada dua jenis kopi yang terkenal yakni kopi arabika dan robusta. Namun kopi arabika memiliki kualitas cita rasa tinggi dan kadar kafein lebih rendah dibandingkan dengan robusta, sehingga harganya lebih mahal. Karena itu konsumsi kopi arabika di dunia mencapai 70%, sedangkan  kopi robusta hanya 26%.

 

Data Kementerian Pertanian, ekspor kopi Indonesia selama ini didominasi kopi robusta sebanyak 72,3%, sedangkan arabika hanya 27,7%. Padahal permintaan dunia justru lebih besar kopi arabika. Produksi kopi Indonesia tahun 2012 sebanyak 657.138 ton atau meningkat 2,8% dari tahun 2022 sebesar 638.647 ton.

 

Indonesia saat ini merupakan penghasil kopi terbesar ketiga di dunia setelah Brasil dan Vietnam. Ketiga negara tersebut mengekspor 47% dari seluruh volume dunia. Brasil menyumbang 28%, Vietnam 12% dan Indonesia 7%. Sementara tingkat konsumsi kopi dalam negeri juga masih sangat rendah hanya 0,8 kg/kapita/tahun, padahal dunia sudah mencapai 1,3 kg/kapita/tahun.

 

Bangsa Indonesia patut bangga karena menjadi negara penghasil kopi terbesar ketiga di dunia. Bahkan popularitas kopi Indonesia sudah mendunia. Tidak sebatas ketenaran kopi luwak, tapi beberapa kualitas specialty jenis lainnya juga telah diakui sejumlah penikmat coffee kelas dunia.

 

Dari sembilan jenis kopi terbaik di dunia, enam di antaranya berasal dari Indonesia. Beberapa kopi specialty Indonesia terbaik dengan cita rasa spesial  antara lain ialah  kopi Luwak, kopi Wamena, kopi Kintamani, kopi Toraja, kopi Java dan kopi Gayo.

 

Sedangkan kopi dengan racikan paling mantap adalah kopi dari Timor Leste. Kopi ini dikenal dengan nama kopi New Resende. Selain racikan yang berbeda dengan kopi lainnya, kopi ini disajikan dengan sentuhan yang berbeda juga.

 

Kedai Kopi

 

Penikmat kopi memang tak perlu harus jauh-jauh pergi ke luar negeri merasakan kopi terbaik di dunia. Kopi-kopi tersebut kini banyak disuguhkan di kedai-kedai kopi eksotik yang kini marak. Di kota Surabaya, misalnya, ada Kedai The Barish Coffea and Tea House, The Light Cup Café, Kiliney Kopitiam, Bangi Kopitiam, Excelso, Kedai Kopi Rollas dan masih banyak lagi.

 

Ada banyak café atau kedai kopi di Indonesia. Kedai kopi ini telah menjelma menjadi tempat menampung dan menegakkan sebuah entitas dan identitas baru bagi masyarakat kota.

 

Sebut saja, Rollas Café. Kedai kopi  yang ada di Surabaya yang berada di salah satu pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza, menyuguhkan kopi terbaik dunia yaitu kopi luwak dan java coffe dengan citarasa kualitas dunia.

 

Ada juga Killiney Kopitiam yang memiliki empat kedai di Surabaya yang terdapat di Mall Town Square (Matos), Surabaya Plaza, Grand City dan East Coast. Killiney Kopitiam menyuguhkan kopi dengan citarasa tarik. Proses pembuatannya mengadopsi cara tradisional yang diberikan sentuhan seni.

 

Salah satu kedai kopi yang masih tetap eksis sampai saat ini adalah Kedai Kopi Excelso. Proses meracik kopi pada kedai ini sangat diperhatikan. Dari kopi yang berbentuk biji lalu digiling hingga diseduh agar citarasa kopi tetap terjaga. Jenis kopi robusta, arabika dan kopi luwak asli yang menjadi kelompok menu Indonesia, premium menjadi pilihan prioritas Kedai Kopi Excelso.

 

Selain itu, Bangi Kopitiam. Dibandingkan dengan kedai kopi yang lain, selain menu yang beragam, Bangi Kopitiam memberikan harga yang terjangkau pula, pas dengan kantong pelajar.

 

A. Sarjana (Kepala BBPPTP Surabaya)/Yul

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

Editor : Julianto

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162