Loading...

Lutra Garap Usaha Pembibitan Sapi

06:51 WIB | Sunday, 18-February-2018 | Nusantara | Penulis : Ika Rahayu

Bupati Luwu Utara (kiri berkerudung) bersama Dirjen PKH (bertopi) melihat maket UPTD Pembibitan Sapi Potong

 

 

 

Pemerintah Kabupaten Luwu Utara (Lutra) merealisasikan hasratnya membangun usaha pembibitan sapi potong, di tengah kerja keras untuk dapat mencapai target-target program Upsus Siwab yang ditetapkan pemerintah pusat.

 

Aktivitas baru Pemkab Lutra tersebut diwujudkan melalui pembentukan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pembibitan Sapi Potong Bukit Simbolon di Desa Sumillin, Kecamatan Masamba.

 

"Saya sangat mendukung langkah  yang dilakukan Bupati Luwu Utara ini, karena bisa mendorong loncatan populasi sapi seperti yang kita harapkan bersama,"  kata Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian, I Ketut Diarmita, pada acara peletakan batu pertama pembangunan sarana fisik UPTD Bukit Simbolon, di Desa Sumillin, Sabtu, (17/2).

 

Didampingi Bupati Lutra, Indah Putri Indrianti dan Kadis PKH Kabupaten Lutra, Adriyani Ismail, Dirjen PKH pada kesempatan itu mengatakan, salah satu bentuk  dukungan yang pihaknya berikan atas terbangunnya UPTD Bukit Simbolon adalah pengadaan 400 ekor indukan sapi. Diharapkan jumlahnya nanti bisa mencapai 500 ekor, bahkan lebih banyak lagi.

 

Ketut Diarmita mengakui, usaha pembibitan sapi sangat banyak tantangannya. Apalagi sapi yang dikembangkan adalah jenis Brahman Cross, sehingga pemberian pakannya harus berkualitas. Karena itu Dirjen PKH menyarankan, agar dalam pengelola UPTD bisa mengajak peternak untuk mengembangkan pakan hijauan sumber protein seperti indigofera dan rumput odot.  "Hasilnya bukan hanya bisa dipakai untuk makanan  ternak sapinya tapi juga dapat dijual untuk menambah penghasilan keluarga," katanya.

 

Sementara itu Bupati Lutra mengataka, pihaknya saat ini tengah fokus melaksanakan pembangunan Kawasan Pengembangan Sapi Potong di sejumlah kecamatan. Adanya UPTD Bukit Simbolon diharapkan bisa menjadi solusi dalam penyediaan bibit sapi berkualitas.

 

Untuk membangun ranch UPTD dengan segala kelengkapannya,  melalui dana APBD 2018 dialokasikan dana sebesar Rp 4 miliar. UPTD Bukit Simbolon dikembangkan di lahan seluas 250 ha. Pada tahap awal penggarapan sarana prasarana fisik difokuskan di areal 60 ha. "Diharapkan akhir tahun ini UPTD Pembibitan sapi potong ini sudah bisa beroperasi atas dukungan pihak-pihak terkait," kata Bupati Indah. Ira

 

 

Editor : Yulianto

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162