Loading...

Koperasi Tani di Kalsel Mengolah Tomat Sisa Jadi Pangan Olahan

19:00 WIB | Friday, 13-April-2018 | Nusantara | Penulis : Ahmad Soim

Koperasi Prima Mandala Sejahtera dan kelompoktani di Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan mengolah tomat kecil-kecil hasil sortiran menjadi beragam pangan olahan.

 

 

 

“Tomat kecil-kecil  yang kurang bagus sisa sortiran kini  bisa menjadi uang,” kata Ketua Koperasi Prima Mandala Sejahtera  Masmilawati, S.Pd.

 

 

 

 Koperasi Prima Mandala Sejahtera merupakan Badan Usaha Milik Petani (BUMP) beralamat di Desa Mandala, Kecamatan Telaga Langsat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan  berdiri pada tahun 2016.  

 

 

 

Koperasi Prima Mandala Sejahtera berdiri dari Kelompok Wanita Tani Melati.  Anggota kelompok wanita Tani yang tergabung ke dalam koperasi berumlah 30 orang.

 

 

 

Koperasi Prima Mandala Sejahtera, berusaha di bidang pengolahan hasil (pasca panen), di antaranya  manisan tomat, dodol tomat, macam-macam kerupuk dari tomat, ikan gabus, lombok, dan sirup dari kayu manis, buah kueni, dan kasturi, semua sudah ada izin produksi untuk manisan tomat sudah ada lebel halal dai MUI.

 

 

 

 Bahan baku olahan tomat dibeli dari petani dan kelompoktani. Jadi petani tomat hasil produksinya tidak ada yang terbuang karena sisa penyortiran tomat yang kecil-kecilnya juga bisa dibeli oleh Koperasi.  Anggota koperasi di samping produksi pangan olahan bersama-sama di koperasi, anggotanya bisa memproduksi olahan sendiri hasil olahannya dibeli oleh koperasi, lalu dikemas oleh koperasi.

 

 

 

 Pemasarannya saat ini telah menjangkau di wilayah Kalimantan Selatan. Kini tengah berupaya memasarkan ke luar provinsi,  melalui pameran-pameran, juga dengan  menjajaki kerjasama untuk pemasaran yang lebih luas. Nunung

Editor : Pimpinan Redaksi

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162