Loading...

Jalan Menuju Swasembada Pangan

13:23 WIB | Wednesday, 21-September-2016 | Agri Wacana, Kolom | Penulis : Kontributor

Kesungguhan dan semangat pemerintah untuk memacu produksi beras nasional dengan target swasembada tentu patut mendapat apresiasi. Meskipun banyak pihak meragukan keberhasilan pencapaian target tersebut, namun langkah-langkah kongkrit yang sudah dilakukan pemerintah memang menumbuhkan harapan. Alokasi dana yang cukup besar untuk perbaikan bendungan, irigasi dan infrastuktur pertanian serta perhatian pada aspek benih, pupuk dan sarana produksi lain mengisyaratkan arah yang sudah tepat untuk mewujudkan target itu.

 

Salah satu langkah yang potensial untuk bisa mempercepat pencapaian target swasembada beras, yaitu dengan meningkatkan produktivitas lahan petani. Data terakhir menunjukkan produktivitas rata-rata nasional baru sekitar 5,4 ton/hektar. Angka ini memang sudah cukup tinggi dibandingkan beberapa negara kawasan Asia, namun sesungguhnya masih bisa dipacu jauh lebih tinggi. Pengalaman petani di sejumlah daerah yang telah menerapkan model pemupukan berimbang secara intensif bisa mencapai produksi 9 hingga 10 ton per hektar.

 

Tahun 2014 lalu produksi beras nasional mencapai 75,4 juta ton, kalau saja produktivitas bisa dinaikan 10 persen saja maka ada tambahan produksi sekitar 7,5 juta ton padi. Jumlah ini setara dengan produksi lahan seluas 1,3 juta hektar dengan produktivitas rata-rata 5,4 ton per hektar. Untuk itu, perhatian terhadap semua input produksi, mulai dari benih unggul, pupuk, pestisida dan yang lainnya masih sangat dibutuhkan.

 

Namun yang juga tidak kalah penting sebenarnya adalah upaya meningkatkan kualitas dan kemampuan sumberdaya manusia di kalangan petani. Data menunjukkan, sebagian besar petani berpendidikan Sekolah Dasar dengan kemampuan adaptasi teknologi baru sangat rendah.

 

Hasil penelitian membuktikan tingkat pendidikan petani berkorelasi dengan kemampuan mengadopsi teknologi dan daya saing. Semakin tinggi pendidikan semakin mudah dan cepat petani menerapkan teknologi pertanian baru, yang kemudian diikuti dengan meningkatnya produktivitas dan pendapatan.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162