Loading...

Dinas Pertanian Bekasi Gerakkan Penyuluh Ajak Petani Optimalkan Penggunaan Alsintan

17:26 WIB | Friday, 02-March-2018 | Nusantara | Penulis : Kontributor

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi A. Karim meminta kepada seluruh Penyuluh Pertanian untuk menggerakkan kelompoktani di wilayah kerjanya agar dapat menggunakan alat mesin pertanian (alsintan) secara optimal.

 

 

 

Kepala Dinas ingin agar alsintan yang ada dapat secara maksimal digunakan untuk mendukung percepatan pengolahan lahan. “Sebab di sini penggunaan tenaga kerja manusia untuk pengolahan lahan semakin susah  dan maha upah tenaga kerjanya,” tambahnya.

 

Penggunaan alsintan di wilayahnya sangat penting untuk mendukung Swasembada Berkelanjutan Padi dan Jagung serta Swasembada Kedelai.

 

Dengan dukungan penyediaan alat dan mesin pertanian lanjut A.Karim diharapkan dapat mengatasi permasalahan substantif yaitu semakin berkurangnya dan mahalnya upah tenaga kerja pertanian serta lemahnya permodalan petani untuk mengakses kepemilikan alsintan.

 

Mencermati kondisi kemampuan petani/kelompok tani dalam kepemilikan dan penggunaan alsintan yang belum optimal, maka tim dari Pusat Penyuluhan Pertanian, Hasan Latuconsina, SP., M.Si melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Pertanian kabupaten Bekasi.

 

Koordinasi ini dilakukan guna mendorong penyuluh pertanian di lapangan untuk melakukan identifikasi dan pemanfaatan Alsintan di tingkat kelompoktani secara optimal.

 

.Kepala Dinas Pertanian Bekasi mengatakan  penggunaan alsintan di wilayahnya mengalami kesulitan terutama alsintan yang diterima oleh kelompoktani, yakni belum digunakan secara optimal.Salah satu penyebabnya adalah alsintannya tidak cocok dengan kondisi lahan petani sehingga  perlu dilakukan modifikasi.

 

 Meski demikian, Kepala Dinas Pertanian Bekasi terus berupaya dan optimis bahwa penggunaan Alsintan oleh petani akan segera  berjalan secara maksimal. HL/Som

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162